Peka, Patrisia Somi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SISWA KELAS V DI SDK KRISTUS RAJA SURABAYA. Other thesis, STKIP Widya Yuwana Madiun.
![]() |
Text
Patrisia Somi Peka-193065-Skripsi Full.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Patrisia Somi Peka: “Pengaruh Penggunaan Media Wordwall dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Siswa Kelas V di SDK Kristus Raja Surabaya”.
Partisipasi siswa dalam pembelajaran dapat dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan. Media wordwall merupakan media pembelajaran berbentuk permainan yang menyenangkan, sehingga dipandang mampu untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Maka, dalam penelitian ini hendak mengetahui apakah ada pengaruh media wordwall dalam meningkatkan partisipasi belajar pendidikan agama katolik siswa kelas V di SDK Kristus Raja Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pre-experimental dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 5 SDK Kristus Raja Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Validitas instrument angket diuji menggunakan corrected item-total correlation dan reliabilitas instrument diuji menggunakan cronbach alpha. Teknik pengumpulan data melalui angket dan metode tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji Wilcoxon menggunakan SPSS versi 29.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media wordwall dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa, terbukti melalui angket partisipasi belajar yang berskala sedang hingga tinggi serta nilai signifikansi uji hipotesis 0,002 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media wordwall dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas 5 di SDK Kristus Raja Surabaya.
============================================================
Patrisia Somi Peka: “The Influence of Using Wordwall Media in Enhancing Learning Participation of Grade Five (V) Catholic Religious Education at Kristus Raja Catholic Elementary School, Surabaya.”
Student participation in the learning process can be influenced by learning media. Wordwall, as an interactive game-based learning, is considered capable of enhancing students' participation. This research aims to determine the influence of Wordwall media on the learning participation of grade V Catholic Religious Education students at Kristus Raja Catholic Elementary School, Surabaya.
This study uses a pre-experimental method with a one-shot case study design. The population consists of grade V Catholic Religious Education students, and the sample is collected through saturated sampling, where populations are included. The questionnaire's validity is tested using corrected item-total correlation, while reliability is measured with Cronbach Alpha. Data collection employs questionnaires and tests, analyzed using descriptive statistics and the Wilcoxon test via SPSS version 29.
The results indicate a positive influence of Wordwall media on students' learning participation. This is evident from the questionnaire scores, which increase from moderate to high levels, and a significance value of 0.002, smaller than 0.05, leading to the valid hypothesis. In conclusion, using Wordwall media enhances the learning participation of grade V Catholic Religious Education students at Kristus Raja Catholic Elementary School, Surabaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi belajar, Pendidikan Agama Katolik, Wordwall |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LCR Catholism Religion Education |
Divisions: | Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Patrisia Somi Peka |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:42 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:42 |
URI: | http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |