PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SMA KATOLIK STELLA MARIS SURABAYA

Permadi, Lambertus Doni (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SMA KATOLIK STELLA MARIS SURABAYA. Diploma thesis, STKIP Widya Yuwana.

[img] Text
PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SMA KATOLIK STELLA MARIS SURABAYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lambertus Doni Permadi “Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMA Katolik Stella Maris Surabaya”

Dalam masyarakat yang semakin multikultural, pendidikan berperan penting dalam
menciptakan generasi yang menghargai dan menghormati perbedaan, termasuk kebangsaan,
budaya, ras, dan terutama agama. Dalam dunia pendidikan, peserta didik tumbuh dan berkembang
dalam lingkungan yang beragam dan hidup dengan beragam perbedaan budaya, ras, dan agama.
Penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam proses pembelajaran bertujuan umtuk
membentuk generasi yang menjunjung tinggi nilai persatuan, mengembankan sikap toleransi,
menghargai setiap perbedaan, serta saling menghargai satu sama lain. Namun, dalam
perkembangannya multikutural tidak selalu memberikan dampak yang positif. Dampak negatif
dari multikultural adalah sering muncul berbagai konflik baik di masyarakat umum hingga di dunia
pendidikan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah
pada bidang pendidikan khususnya pembelajaran pendidikan agama katolik, dan fokus kajiannya
adalah pada strategi yang dilakukan guru pendidikan agama katolik di SMA Katolik Stella Maris
Surabaya dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yang meliputi bagaimana guru dapat
merancang metode pembelajaran yang efektif dan bagaimana guru dapat merelevansikan serta
merefleksikan materi pembelajaran yang memuat muatan multikultural. Pasalnya, siswa di SMA
Katolik Stella Maris berasal dari latar belakang suku, budaya, ras, dan agama yang beragam.
Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. (1) Strategi Guru Agama Katolik untuk
menyampaikan nilai pendidikan multikultural melalui pengembangan metode pembelajaran yang
efektif terutama dengan mengkaji kurikulum serta mengamati dan memahami karakteristik siswa
di kelas, dan tujuan pembelajaran. Cara guru pendidikan agama Katolik merelevansikan serta
merefleksikan materi pembelajaran yang mencakup konten multikultural adalah sebagai berikut:
guru terlibat dan mengintegrasikan konten multikultural ke dalam kelasnya, guru
mengkomunikasikan pemahaman untuk mengurangi prasangaka dan stereotip, dan terakhir,
kesetaraan dan menyampaikan pemahaman pendidikan keadilan kepada siswa. (2) Mengenai nilai
nilai pendidikan multikultural yang diperoleh peserta didik melalui proses pembelajaran
pendidikan agama Katolik, yaitu, menumbuhkan sikap toleransi terhadap sesama dan lingkungan,
menumbuhkan sikap saling mencintai dan menghormati orang yang lebih tua, dan menumbuhkan
sikap demokratis.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Katolik

===========

Lambertus Doni Permadi: “Cultivation of the Values of Multicultural Education in
Learning of Catholic Religious Education at the Stella Maris Catholic High School,
Surabaya.”
In an increasingly multicultural society, education plays an important role in creating a
generation that values and respects differences, including nationality, culture, race, and
especially religion. In the world of education, students grow and develop in a diverse
environment and live with various cultural, racial and religious differences. The application of
multicultural education values in the learning process aims to form a generation that upholds
the value of unity, develops an attitude of tolerance, respects every difference, and respects
each other. However, In its development, multiculturalism does not always have a positive
impact. The negative impact of multiculturalism is that various conflicts often arise both in
general society and in the world of education.
The research method used is qualitative research using data collection techniques
through observation, interviews and documentation. The focus of this research is on the field
of education, especially learning Catholic religious education, and the focus of the study is on
the strategies used by Catholic religious education teachers at Stella Maris Catholic High
School Surabaya in instilling multicultural values which include how teachers can design
effective learning methods and how teachers can be relevant and reflect learning material that
contains multicultural content. This is because students at Stella Maris Catholic High School
come from diverse ethnic, cultural, racial and religious backgrounds.
The results of the research are as follows. (1) Catholic Religious Teachers' strategy to
convey the value of multicultural education through developing effective learning methods,
especially by reviewing the curriculum and observing and understanding the characteristics of
students in the class, and learning objectives. The way Catholic religious education teachers
relevant and reflect on learning materials that include multicultural content is as follows:
teachers engage and integrate multicultural content into their classes, teachers communicate
understanding to reduce prejudice and stereotypes, and finally, equality and convey an
understanding of educational justice to students. (2) Regarding the values of multicultural
education that students obtain through the Catholic religious education learning process,
namely, fostering an attitude of tolerance towards others and the environment, fostering an
attitude of mutual love and respect for older people, and fostering a democratic attitude.
Keywords: Teacher Strategy, Multicultural Education, Catholic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Katolik ====== Keywords: Teacher Strategy, Multicultural Education, Catholic Religious Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LCR Catholism Religion Education
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Lambertus Doni Permadi
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:02
Last Modified: 06 Dec 2024 02:16
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item