PENGHAYATAN KARAKTER PANCASILA DI STKIP WIDYA YUWANA TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU MENYONTEK (Studi Kasus pada Mahasiswa STKIP Widya Yuwana)

RANI, NYIFTA MAHA (2024) PENGHAYATAN KARAKTER PANCASILA DI STKIP WIDYA YUWANA TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU MENYONTEK (Studi Kasus pada Mahasiswa STKIP Widya Yuwana). Diploma thesis, STKIP WIDYA YUWANA.

[img] Text
SKRIPSI FULL REVISI_merged.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Nyifta Maha Rani: “Penghayatan Karakter Pancasila di STKIP Widya Yuwana terhadap Penyimpangan Perilaku Menyontek (Studi Kasus pada Mahasiswa STKIP Widya Yuwana)

Mahasiswa STKIP Widya Yuwana merupakan mahasiswa calon katekis dan guru agama yang seharusnya memiliki pribadi dan karakter yang baik dan unggul untuk menjadi teladan bagi siswa maupun umat. Karakter yang unggul tersebut selaras dengan visi lembaga yaitu “ Menyiapkan Tenaga Pendidik yang Unggul dan Kontekstual” sebagai pendidik iman katolik. Tindakan menyontek yang dilakukan oleh mahasiswa tidak mencerminkan pribadi yang baik untuk dimiliki oleh mahasiswa. Kasus perilaku menyontek mahasiswa menarik perhatian untuk diteliti lebih mendalam. Oleh karena adanya perilaku menyimpang mahasiswa, maka penghayatan karakter Pancasila di STKIP Widya Yuwana menjadi sorotan peneliti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penghayatan karakter Pancasila di STKIP Widya Yuwana terhadap penyimpangan perilaku menyontek mahasiswa.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2023 dengan Informan berjumlah 8 (delapan) mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pemilihan Informan dan teknik pengumpulan data secara tianggulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Mahasiswa menyadari akan pentingnya penghayatan karakter Pancasila dengan memahami bahwa guru agama dan katekis harus memiliki karakter yang bagus, guru agama dan katekis harus mampu mengajarkan dan memberikan teladan karakter yang baik, guru agama dan katekis harus mampu mencerminkan karakter Pancasila, serta sebagai guru agama dan ketekis harus memiliki kedewasaan pribadi, hidup beriman, dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari. Mahasiswa dipahami telah menyadari kebutuhan akan penghayatan Pancasila dalam hidup sehari-hari, sehingga penyimpangan perilaku menyontek menunjukkan kurangnya penghayatan dari diri mahasiswa terhadap karakter Pancasila. oleh sebab itu, penting bagi mahasiswa untuk memupuk semangat dalam menghayati karakter Pancasila dalam hidup sehari-hari.

Kata kunci: Karakter Pancasila, Mahasiswa STKIP Widya Yuwana, Perilaku Menyontek

ABSTRACT

Nyifta Maha Rani: “The Implementation of Pancasila Character at STKIP Widya Yuwana towards Deviant Behavior of Cheating (Case Study on STKIP Widya Yuwana Students)”

Students of STKIP Widya Yuwana are prospective catechists and religious teachers, expected to possess commendable personal qualities and character that can serve as exemplary models for fellow students and the broader community. This exceptional character is in line with the institution's vision of "Preparing Excellent and Contextual Educators" within the Catholic faith. Cheating behaviors exhibited by students do not reflect the positive traits expected of them. The case of students engaging in cheating behaviors has attracted attention for further in-depth research. Due to the presence of deviant behaviors among students, the researchers focus on the understanding of Pancasila character at STKIP Widya Yuwana. The aim of this study is to determine the understanding of Pancasila character at STKIP Widya Yuwana regarding students' cheating-behavior.
The methodology used in this research employs a qualitative approach with a case study method. This study was conducted from June to August 2023 with a total of 8 (eight) informants, and the researcher used purposive sampling as the informant selection technique. Data collection techniques included triangulation through observation, interviews, and documentation.
The research results show that students are aware of the importance of embodying Pancasila character by understanding that religious teachers and catechists must have good characters. They should be able to teach and provide examples of good characters, reflect Pancasila character, and as religious teachers and catechists, demonstrate personal maturity, live a faithful life, and apply Pancasila values in daily life. Students are understood to have recognized the need for embodying Pancasila in their daily lives. Therefore, instances of cheating behavior indicate a lack of internalization of Pancasila character by the students. Hence, it is crucial for students to cultivate a spirit of embodying Pancasila character in their daily lives.

Keywords: Pancasila Character, STKIP Widya Yuwana Students, Cheating Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LCR Catholism Religion Education
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: nyifta maha rani
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:50
Last Modified: 13 Aug 2024 03:50
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item