PRATAMA, RAFAEL BAGAS DHIKA (2023) PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS ) UNTUK SISWA KELAS V SDK SANTA CLARA SURABAYA. Other thesis, STKIP WIDYA YUWANA.
Text
SKRIPSI RAFAEL BAGAS DHIKA PRATAMA - 193068.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rafael Bagas Dhika Pratama, Penggunaan aplikasi kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dalam pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SD Katolik Santa Clara Surabaya.
Salah satu media pembelajaran adalah kahoot. Dengan media pembelajaran kahoot dirasa mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik siswa kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran dan cenderung sibuk sendiri dan mengantuk. Untuk meningkatkan motivasi pada siswa sekolah dasar, Maka peneliti menerapkan pembelajaran berbasis game dengan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Tanggart yang terdiri dari langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas V SDK Santa Clara Surabaya yang berjumlah 26 siswa terdiri dari
15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar siswa, lembar observasi motivasi siswa oleh guru. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif.
Motivasi belajar siswa kelas V dapat ditingkatkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik berhasil ditingkatkan melalui penerapan kahoot dalam siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata perolehan Motivasi belajar siswa dalam pra siklus yaitu 39,6% dengan kategori baik, sedangkan siklus I memperoleh rata-rata motivasi belajar yaitu 44,3% dengan kategori sangat baik serta siklus II memperoleh rata-rata 45,3% dengan kategori sangat baik. Dengan adanya media pembelajaran kahoot siswa dapat lebih tergerak untuk melakukan kegiatan belajar mengajar, meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar.
============================================================
Rafael Bagas Dhika Pratama, The Using Kahoot Aplication to Enhance the Learning Motivation of 5th-grade Students in Catholic Religious Education at Santa Clara Catholic Elementary School - Surabaya.
One of the learning media is Kahoot. It is believed that using Kahoot as a learning tool can enhance students' motivation during the learning process. During Catholic Religious Education classes, students often lack focus on the learning activities and tend to be preoccupied or even drowsy. To boost motivation among elementary school students, the researcher then applied game-based learning using the Kahoot application.
This research utilizes a classroom action research methodology. The research design follows the Kemmis and McTanggart model, which comprises planning, action, observation, and reflection. The subjects of this classroom action research are 26 students in the fifth grade at Santa Clara Catholic Elementary School- Surabaya, consisting of 15 male students and 11 female students. Data collection techniques for this research include student motivation questionnaires and teacher observations of student motivation. Data analysis techniques involve both quantitative and qualitative methods.
The learning motivation of fifth grade students can be enhanced in Catholic Religious Education and has been successfully improved through the application of Kahoot in Cycle I and Cycle II. This can be observed from the average student learning motivation scores. In the pre-cycle, the average was 39.6%, categorized as good, while in Cycle I, the average motivation score was 44.3%, categorized as very good. In Cycle II, the average score further improved to 45.3%, also categorized as very good. With the use of the Kahoot learning media, students are more motivated to engage in the teaching and learning process, resulting in improved learning outcomes and increased learning motivation.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Pendidikan Agama Katolik, Kahoot, PTK, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity L Education > LCR Catholism Religion Education |
Divisions: | Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | rafael bagas dhika pratama |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:37 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:37 |
URI: | http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
View Item |