Pendidikan Moral Dalam Gravissimum Educationis Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Anak

Angkurela, Kristin (2022) Pendidikan Moral Dalam Gravissimum Educationis Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Anak. Diploma thesis, STKIP Widya Yuwana.

[img] Text
172930-Kristin Angkurela-Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kristin Angkurela: “Pendidikan Moral Dalam Gravissimum Educationis dan Relevansinya Bagi Pendidikan Anak”

Pendidikan moral merupakan bagian penting dari pendidikan anak. Pendidikan moral anak pada umumnya mengajarkan akhlak dan tabiat yang baik-buruk dan benar-salahnya suatu tindakan bagi seorang anak, untuk menjadi fondasi dalam menjalani kehidupannya. Pendidikan anak dan pendidikan moral merupakan suatu keharusan yang menjadi satu paket dalam pendidikan Kristiani.
Dalam dokumen Gravissimum Educationis pendidikan moral anak merupakan hak setiap anak. Orang tua, Gereja dan sekolah Katolik memiliki hak dan kewajiban untuk memberikan pendidikan moral kepada anak. Pendidikan moral yang diberikan kepada anak harus bersifat relevan dengan usia, keanekaragaman, pola pikir, kepribadian dan dunia zaman sekarang.
Penelitian karya ilmiah ini dilakukan dengan menggunakan kajian kepustakaan. Penelitian karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan moral dalam Gravissimum Educationis dan relevansinya bagi pendidikan anak. Hasil penelitian karya ilmiah secara keseluruhan menunjukkan bahwa pendidikan moral sangat penting dilaksanakan dalam pendidikan anak. Pendidikan moral memiliki pengaruh yang semakin besar terhadap perkembangan anak. Anak-anak dewasa ini seringkali mengalami kemerosotan nilai moral yang mendalam, sehingga banyak terjadi tindakan penyimpangan moral yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Kondisi ini menjadikan pendidikan moral perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh orang tua, Gereja dan masyarakat. Pendidikan moral suatu hal yang harus dipertimbangkan oleh Gereja dan orang tua. Melalui keprihatinan tersebut, Gereja menyadari betapa besar pengaruh pendidikan moral sebagai pembentuk karakter seseorang dalam menjalani kehidupan dan memberikan sebuah pedoman pendidikan yang indah yakni Gravissimum Educationis.
==========================================================
Kristin Angkurela: "Moral Education in Gravissimum Educationis and It’s Relevance for Children's Education"

Moral education is an integral part of children's education. In general, children's moral education teaches morals and good-bad habits and the right and wrong of action for a child to be the foundation in living his life. Children's education and moral education is a must that becomes a package in Christian education.
Children's moral education on document Gravissimum Educationis is the right of every child. Parents, the Church and Catholic schools have the right and obligation to provide moral education to their children. Moral education must be relevant to age, diversity, mindset, personality and progression of the world.
This scientific research was carried out using a literature review. This scientific research aims to determine the concept of moral education in Gravissimum Educationis and its relevance to children's education. The results of scientific research show that moral education is critical in children's education. Moral education has an increasing influence on the development of children. Children nowadays often experience a deep decline in moral values, resulting in many acts of moral deviation that harm themselves and others. This condition makes moral education needs to be carried out and possible by parents, the Church and society. Moral education is something the Church and parents should consider. Through these concerns, the Church realizes how significant the influence of moral education is to shape one's character in living life and provides a beautiful educational guide, based on Christianity perspective, Gravissimum Educationis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral, Anak, Gereja, Gravissimum Educationis, Moral Education, Child, Church, Gravissimum Educationis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
L Education > LCR Catholism Religion Education
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Kristin Angkurela
Date Deposited: 09 May 2022 03:55
Last Modified: 09 May 2022 03:55
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item