Persepsi Mahasiswa STKIP Widya Yuwana tentang Manfaat Kegiatan Refleksi dalam Pendidikan Katekis

Noviana, Mei Noviana (2020) Persepsi Mahasiswa STKIP Widya Yuwana tentang Manfaat Kegiatan Refleksi dalam Pendidikan Katekis. Diploma thesis, STKIP Widya Yuwana.

[img] Text (Persepsi Mahasiswa STKIP Widya Yuwana Tentang Manfaat Kegiatan Refleksi dalam Pendidikan Katekis oleh Mei Noviana 162896)
Mei Noviana 162896.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan Refleksi adalah salah satu bentuk pembinaan yang harus dilakukan terus menerus karena tanpa adanya refleksi yang sungguh-sungguh, pengalaman yang berharga mudah diabaikan atau bahkan dianggap remeh. Pembelajaran yang memberikan perhatian khusus pada dimensi refleksi adalah pembelajaran reflektif. Dengan refleksi yang mendalam diharapkan katekis mampu memahami manfaat dari kegiatan refleksi tersebut. Namun sampai saat ini belum diketahui apakah mahasiswa STKIP Widya Yuwana sungguh memahami manfaat dari kegiatan refleksi tersebut.
Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mendalami bagaimana persepsi mahasiswa STKIP Widya Yuwana tentang manfaat kegiatan refleksi dalam pendidikan katekis. Karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian dilaksanakan di STKIP Widya Yuwana, Madiun. Responden penelitian adalah mahasiswa program studi ilmu pendidikan teologi STKIP Widya Yuwana semester 2 dan 4 TA 2019/2020. Jumlah responden yang menjadi data sampel sebanyak 98 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa STKIP Widya Yuwana paham dengan manfaat kegiatan refleksi dalam pendidikan katekis. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kegiatan refleksi perlu bagi pendidikan katekis.

==============================================================================================================================

ABSTRACK

Mei Noviana : “Perceptions of STKIP Widya Yuwana students on the benefits of reflection in catechist formatio”
Reflection is a part of catechist formatio program that must be carried out continuously because without the good reflection, valuable experiences are easily ignored. Through reflection, daily experiences could became valuable. With a deep reflection, it is hoped that catechists will be able to understand the benefits of their reflection. However, it is not yet known whether STKIP Widya Yuwana students really understand the benefits of this reflection activity.
Therefore, this study aims to explore how the perceptions of STKIP Widya Yuwana students about the benefits of reflection activities in catechist education. This scientific work uses quantitative research methods with data collection techniques using a questionnaire. The research was implemented at STKIP Widya Yuwana, Madiun. Research respondents were students of the theological education study program of STKIP Widya Yuwana 2’ rd and 4’rd semester of the 2019/2020 academic year. The amount of respondents who became the sample data was 98 people.
The results showed that STKIP Widya Yuwana students understood the benefits of reflection activities in catechist education. Then, reflection activities are necessary for catechist education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manfaat refleksi, Kegiatan refleksi, Pendidikan katekis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LCR Catholism Religion Education
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mei Noviana
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:03
Last Modified: 04 Nov 2020 05:03
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item