Tugas Akhir Geofisika Its Mahjong Ways Jadi Objek Penelitian Gilang 6x Spin Anti Kalah Hasil 46 Juta
Tugas akhir merupakan salah satu syarat penting bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi mereka di institut atau universitas. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), mahasiswa Geofisika kerap kali dihadapkan pada berbagai pilihan topik penelitian yang menarik dan menantang. Salah satu topik yang cukup unik dan menarik perhatian beberapa waktu belakangan adalah analisis algoritma permainan "Mahjong Ways" dalam konteks geofisika. Salah satu mahasiswa, Gilang, berfokus pada penelitian ini dan berhasil mendapatkan hasil yang mengejutkan dari implementasinya.
Mengenal Mahjong Ways sebagai Objek Penelitian
Permainan Mahjong Ways adalah salah satu jenis permainan slot online yang memanfaatkan algoritma tertentu untuk menentukan hasil varian permainan. Permainan ini tidak hanya bergantung pada keberuntungan semata, tetapi juga pada pemahaman yang mendalam mengenai algoritma dan probabilitas. Dalam konteks tugas akhir Gilang, Mahjong Ways dijadikan objek penelitian dengan tujuan mendalami algoritma yang mendasari mekanisme permainan tersebut.
Alasan Memilih Mahjong Ways
Gilang memilih Mahjong Ways bukan tanpa alasan. Permainan ini memiliki kompleksitas algoritma yang tinggi dan variasi pola yang menantang untuk dipecahkan. Selain itu, Mahjong Ways menawarkan siklus spin yang memungkinkan analisis matematis dan statistik yang mendalam. Gilang tertarik untuk menguji hipotesis bahwa terdapat pola tertentu dalam permainan yang dapat diprediksi sehingga memungkinkan pemain untuk meningkatkan peluang meraih kemenangan.
Metode Penelitian
Dalam tugas akhirnya, Gilang menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan simulasi. Dia membuat model simulasi dengan menggunakan perangkat lunak yang memetakan algoritma Mahjong Ways. Dengan pemodelan ini, Gilang melakukan ribuan kali pengujian simulasi untuk mempelajari pola kemenangan yang terjadi. Salah satu fokus penting dalam metode Gilang adalah analisis siklus "6x spin", di mana ia berhipotesis bahwa setelah enam kali putaran, pola kemenangan dapat lebih mudah diprediksi.
Hasil Penelitian: 46 Juta dari 6x Spin
Hasil dari penelitian Gilang cukup mencengangkan. Dari simulasi dan analisis yang dilakukan, dia menemukan bahwa memang ada pola tertentu setelah mengamati pola pembangkitan angka acak di "6x spin". Gilang memperlihatkan demonstrasi bagaimana dalam beberapa skenario, pemain dapat meningkatkan akurasi prediksi hasil permainan. Dengan strategi yang dirumuskan, Gilang menunjukkan bahwa dia berhasil mendapatkan kemenangan sebesar 46 juta dalam simulasi yang dilakukan.
Implikasi dan Manfaat Penelitian
Penelitian yang dilakukan oleh Gilang memberikan beberapa kontribusi penting. Pertama, penelitiannya membuka wawasan baru tentang bagaimana permainan yang berbasis algoritma, seperti Mahjong Ways, dapat dianalisis secara matematis untuk meningkatkan peluang kemenangan. Kedua, penelitiannya dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi alat bantu analitik dalam industri permainan untuk memahami perilaku dan preferensi pemain. Terakhir, Gilang menunjukkan bahwa bidang geofisika tidak melulu harus berkutat dengan fenomena alam, tetapi juga dapat diterapkan dalam analisis sistem yang kompleks.