MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN DAN KEBENARAN DALAM DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SMP KATOLIK, NEGERI DAN NASIONAL

Wahyuni, Sri (2024) MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN DAN KEBENARAN DALAM DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SMP KATOLIK, NEGERI DAN NASIONAL. Other thesis, STKIP Widya Yuwana.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI-183003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Sri Wahyuni: “Menanamkan Nilai Kejujuran Dan Kebenaran Dalam Diri Peserta
Didik Melalui Pengajaran Penddiddikan Agama Katolik di SMP
Katolik, Negeri dan Nasional”
Kejujuran dan kebenaran memiliki nilai yang penting bagi kehidupan
karena kejujuran dan kebenaran adalah perilaku hidup yang baik. Lembaga
pendidikan memiliki peran penting dalam mendidik karakter kejujuran dan
kebanaran dalam diri para siswa di sekolah. Pengajaran agama Katolik di sekolah
ialah suatu usaha yang dilakukan oleh guru agama Katolik untuk menanamkan
nilai-nilai Kristiani terutama nilai kejujuran dan kebenaran dalam diri para siswa
agar para siswa dapat memahami dan menghayati arti dan makna kejujuran dan
kebenaran dalam hidup sehari-hari.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan antara lain: 1) menganalisa sejauh
mana upaya yang dilakukan para guru agama Katolik menanamkan nilai kejujuran
dan kebenaran dalam diri siswa; dan 2) menganalisa sejauh mana nilai kejujuran
dan kebenaran yang diajarkan guru agama Katolik melalui pengajaran agama
Katolik di sekolah berdampak positif terhadap perilaku hidup para siswa sehari�hari.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data penelitian
diperoleh melalui wawancara individual. Analisa data penelitian menggunakan
pendekatan induktif. Hasil analisa data penelitian mengungkapkan mayoritas
responden mengatakan telah berupaya menanamkan nilai-nilai kejujuran dan
kebenaran dalam diri siswa melalui pengajaran Pendidikan Agama Katolik di
sekolah dan melalui teladan hidup yang baik. Dampak dari penanaman nilai
kejujuran dan kebenaran dalam diri siswa antara lain siswa semakin memiliki
perilaku hidup yang baik, jujur, benar, bertanggung jawab, berani, percaya diri
dan dapat dipercaya orang lain.
Kata Kunci: Pengajaran Agama Katolik, Kejujuran dan Kebenaran, Perilku Hidup
siswa.
Sri Wahyuni: “Menanamkan Nilai Kejujuran Dan Kebenaran Dalam Diri Peserta
Didik Melalui Pengajaran Penddiddikan Agama Katolik di SMP
Katolik, Negeri dan Nasional”
Kejujuran dan kebenaran memiliki nilai yang penting bagi kehidupan
karena kejujuran dan kebenaran adalah perilaku hidup yang baik. Lembaga
pendidikan memiliki peran penting dalam mendidik karakter kejujuran dan
kebanaran dalam diri para siswa di sekolah. Pengajaran agama Katolik di sekolah
ialah suatu usaha yang dilakukan oleh guru agama Katolik untuk menanamkan
nilai-nilai Kristiani terutama nilai kejujuran dan kebenaran dalam diri para siswa
agar para siswa dapat memahami dan menghayati arti dan makna kejujuran dan
kebenaran dalam hidup sehari-hari.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan antara lain: 1) menganalisa sejauh
mana upaya yang dilakukan para guru agama Katolik menanamkan nilai kejujuran
dan kebenaran dalam diri siswa; dan 2) menganalisa sejauh mana nilai kejujuran
dan kebenaran yang diajarkan guru agama Katolik melalui pengajaran agama
Katolik di sekolah berdampak positif terhadap perilaku hidup para siswa sehari�hari.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data penelitian
diperoleh melalui wawancara individual. Analisa data penelitian menggunakan
pendekatan induktif. Hasil analisa data penelitian mengungkapkan mayoritas
responden mengatakan telah berupaya menanamkan nilai-nilai kejujuran dan
kebenaran dalam diri siswa melalui pengajaran Pendidikan Agama Katolik di
sekolah dan melalui teladan hidup yang baik. Dampak dari penanaman nilai
kejujuran dan kebenaran dalam diri siswa antara lain siswa semakin memiliki
perilaku hidup yang baik, jujur, benar, bertanggung jawab, berani, percaya diri
dan dapat dipercaya orang lain.

Kata Kunci: Pengajaran Agama Katolik, Kejujuran dan Kebenaran, Perilku Hidup
siswa.

=======

ABSTRACT

Sri Wahyuni: "Instilling the Value of Honesty and Truth in Learners Through
Teaching Catholic Religious Education in Catholic, State and
National Junior High Schools"
Honesty and truth are the important values for human life because they are
related to the good behaviors. Educational institution has an important role in
educating students’ character of being honesty and truth in the life of students at
school. Catholic religious teaching in schools is an effort made by a Catholic
religious teacher to instill so called Christian values of honesty and truth in life of
students.
The research conducted with the following aims: 1) to analyze the extent
of efforts made by Catholic religious teacher to instill the values of honesty and
truth in students’ life; and 2) to analyze the extent to which those values taught by
Catholic religious teachers have a positive impact on the students' behavior.
The research was conducted using qualitative methods. Research data was
obtained through individual interviews. Research data analysis used an inductive
approach. The results of research data analysis revealed that majority of
respondents revealed that they had tried their best to instill the values of honesty
and truth in the life of students through Catholic religious teaching in schools. The
impacts of instilling such values in the life of students, among others, were that
students increasingly had good behavior, being honest, correct, responsible, brave,
confidence and be trusted by others.

Keywords: Catholic Religious Teaching, Honesty and Truth, Students’ Behavior.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Agama Katolik, Kejujuran dan Kebenaran, Perilku Hidup siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LCR Catholism Religion Education
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Wahyuni Sriwahyuni Sri
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:38
Last Modified: 13 Aug 2024 03:38
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item