PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI AGAMA KATOLIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA MATERI TERLIBAT DALAM HIDUP MENGGEREJA KELAS V DI SDK ST. BAVO MADIUN

Anggraini, Patresia Dita (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI AGAMA KATOLIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA MATERI TERLIBAT DALAM HIDUP MENGGEREJA KELAS V DI SDK ST. BAVO MADIUN. Diploma thesis, STKIP Widya Yuwana Madiun.

[img] Text
SKRIPSI - PATRESIA DITA ANGGRAINI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Patresia Dita Anggraini, “Pengembangan Permainan Monopoli agama Katolik Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Pada Materi Terlibat dalam Hidup Menggereja Kelas V Di SDK St. Bavo Madiun". Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan permainan monopoli agama Katolik sebagai media pembelajaran pendidikan agama Katolik pada materi Terlibat dalam Hidup Menggereja di kelas V di SDK St. Bavo Madiun. 2)
mengetahui kelayakan produk media monopoli agama Katolik pada materi Terlibat dalam Hidup Menggereja untuk siswa kelas V SDK St. Bavo Madiun. Media pembelajaran Monopoli Agama dikembangkan karena guru masih membutuhkan inovasi media pembelajaran. Media ini diharapkan mampu membantu guru dalam menyampaikan materi Terlibat dalam Hidup Menggereja serta menciptakan suasana pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SDK St. Bavo Madiun pada bulan Mei 2023 menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi skor yang awalnya kualitatif menjadi data kuantitatif dengan menggunakan aturan skala likert. Validasi ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas dilakukan untuk memastikan kevalidan dan kelayakan permainan. Hasil penelitian ini adalah media permainan Monopoli agama Katolik yang dikembangkan dengan prinsip-prinsip belajar serta layak digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan Monopoli agama Katolik dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam materi Terlibat dalam Hidup Menggereja pada pendidikan agama Katolik di kelas V.

========================================================================================================================

ABSTRACT
Patresia Dita Anggraini, “Development of the Catholic Religion Monopoly Game as a Learning Media for Catholic Religious Education on Materials Involved in Church Life for Class V at SDK St. Bavo Madison". This study aims to: 1) develop the Catholic Religion Monopoly game as a learning medium for Catholic religious education on the subject of Engaging in Church Life in class V at SDK St. Bavo Madison. 2) find out the feasibility of the Catholic Religion Monopoly media product on the material Involved in Church Life for fifth grade students at SDK St. Bavo Madison. Religious monopoly learning media was developed because teachers still need innovative learning media. This
media is expected to be able to assist teachers in conveying material involved in church life and creating a learning atmosphere.This research is a type of research and development conducted at SDK St. Bavo Madiun in May 2023 using development research (R&D) with the ADDIE development model which includes the analysis, design, development,
implementation, and evaluation stages. Data collection was carried out through observation, interviews, and questionnaires. The data analysis technique used is
descriptive analysis. Data analysis was performed by converting qualitative scores into quantitative data using Likert scale rules. Media expert validation, material
experts, small group trials, and limited field trials were carried out to ensure the validity and feasibility of the game.The results of this study are the Catholic Monopoly game media which was developed with learning principles and is suitable for use as an effective learning media in the learning process. So it can be concluded that the Catholic Religion Monopoly game can be an effective alternative learning media in Engaging in Church Life material in Catholic religious education in grade V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelas V Sekolah Dasar, Permainan Monopoli agama Katolik, Terlibat dalam Hidup Menggereja
Subjects: L Education > LCR Catholism Religion Education
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: patresia dita anggraini
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:35
Last Modified: 15 Aug 2023 01:35
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item