PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN IMAN KRISTIANI PADA PESERTA DIDIK DI SMPK SANTO YUSUP MADIUN

Magdalena Vivi Imelda Sari, Vivi (2023) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN IMAN KRISTIANI PADA PESERTA DIDIK DI SMPK SANTO YUSUP MADIUN. Diploma thesis, STKIP WIDYA YUWANA MADIUN.

[img] Text
SKRIPSI - MAGDALENA VIVI IMELDASARI 182980.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Magdalena Vivi Imeldasari, “Penerapan Pendidikan Karakter sebagai Upaya
Mengembangkan Iman Kristiani pada Peserta Didik di SMPK Santo Yusuf
Madiun”
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang menanamkan nilai
kebaikan melalui keluarga, masyarakat dan sekolah. Sebagai salah satu
lingkungan pendidikan, sekolah memiliki kewajiban untuk menerapkan
pendidikan karakter guna membantu peserta didik dalam memperoleh jati diri,
menjadi generasi berkualitas, menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki iman
yang berkembang. Namun dewasa ini, peneliti melihat adanya ketidak berhasilan
dari penerapan pendidikan karakter yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti
pergaulan dan tingkat kesadaran peserta didik sendiri. Sehingga bukan pribadi
baik yang tertanam dalam diri peserta didik melainkan pribadi yang menunjukkan
hal negatif seperti menjauhkan diri dari Tuhan, mengonsumsi obat terlarang dan
minuman keras, merokok, dan melakukan seks bebas. Berangkat dari keprihatinan
tersebut, muncul sebuah pertanyaan mengenai peran pendidikan karakter yang
mengembangkan iman kristiani dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peran pendidikan karakter dalam mengembangkan iman
kristiani, upaya yang dilakukan dalam mengembangkan iman melalui pendidikan
karakter dan faktor yang mempengaruhi perkembangan iman peserta didik.
Teknik analisa data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur yang
dilaksanakan di SMPK Santo Yusuf Madiun. Informan dari penelitian berjumlah
lima peserta didik dan dua guru yang dipilih menggunakan teknik purposive
sampling yakni pemilihan informan berdasarkan pertimbangan tertentu untuk
memperoleh informan yang sesuai dengan permasalahan.
Berdasarkan hasil penelitian, 7 informan memahami peran pendidikan
karakter sebagai upaya mengembangkan iman Kristiani. Pendidikan karakter yang
dapat mengembangkan iman Kristiani diterapkan dengan memberikan wawasan
karakter, memberikan pemahaman nilai moral dan membentuk kepribadian dalam
proses penyempurnaan. Upaya yang dilakukan melalui kegiatan pembiasaan
seperti doa pagi, meditasi, misa pelajar, rekoleksi dan kegiatan lainnya. Faktor
pendukung perkembangan iman peserta didik adalah orang tua, kegiatan sekolah
dan fasilitas kerohanian. Faktor penghambat biasanya berasal dari kesadaran
peserta didik, lingkungan pergaulan dan latar belakang. Adanya hal-hal negatif
yang muncul dikalangan peserta didik menandakan bahwa keluarga, masyarakat
terutama sekolah harus disadarkan kembali betapa pentingnya pendidikan karakter
bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LCR Catholism Religion Education
P Plagiarism Journal
Depositing User: Armando Etchevery Ginting
Date Deposited: 16 May 2023 04:36
Last Modified: 16 May 2023 04:36
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item