PERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PADA SD KANISIUS SIDOWAYAH 02 KLATEN

Windy, Rizkiandani (2022) PERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PADA SD KANISIUS SIDOWAYAH 02 KLATEN. Diploma thesis, STKIP WIDYA YUWANA.

[img] Text
SKRIPSI WINDY RIZKIANDANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Wali kelas merupakan orang yang memiliki kesempatan pertama untuk
meningkatkan mutu pembelajaran mengenai perannya dalam membina,
membimbing, dan mempersiapkan siswa secara psikologis, untuk siap mengikuti
dan melaksanakan kegiatan belajar dan pembelajaran dalam suasana kelas yang
efektif dan kondusif agar mutu proses dan hasil belajar dapat tercapai. Harapan
sebagai Wali Kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran
daring di masa pandemi covid-19 adalah Wali kelas dapat menguasai teknologi
untuk menunjang pembelajaran secara online. Masalahnya: Bagaimana peran wali
kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring d masa
pandemi covid-19 di SD Kanisius Sidowayah 02 Klaten?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pemilihan
responden dengan menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel
dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Responden penelitian
adalah para Wali Kelas SD Kanisius Sidowayah 02 Klaten. Jumlah responden
dalam penelitian ini adalah 12 Wali Kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, para Wali Kelas SD Kanisius
Sidowayah 02 Klaten memahami perannya masing-masing untuk meningkatkan
minat belajar siswa. Hal tersebut terlihat data yang menunjukkan bahwa 41,5%
respon mengatakan bahwa Wali Kelas sebagai orang tua bagi siswa, dan 124,59%
mengungkapkan dengan jawaban yang bervariasi. Kemudian hasil penelitian
menunjukkan bahwa 50% respon mngatakan bahwa pembelajaran daring adalah
pembelajaran jarak jauh dan 81,13% respon mengungkapkan dengan jawaban
yang bervariasi. Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 memiliki
kekurangan dan kelebihan yang membawa dampak bagi peran wali kelas dalam
meningkatkan minat belajar siswa. Peran wali kelas memiliki hubungan dalam
upaya mengatasi tantangan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 yang memiliki harapan dalam
meningkatkan minat belajar siswa kedepannya yakni tetap dilaksanakan
pertemuan tatap muka dengan menaati 3M, guru dapat menguasai TI, dan siswa
dapat disiplin waktu kedepannya.
========================================================================================================================

The Role of Homeroom Teachers in Increasing Students' Interest in Online Learning during the Covid-19 Pandemic
The homeroom teacher is the person who has the first opportunity to improve the quality of learning regarding his role in fostering, guiding, and psychologically preparing students, to be ready to follow and carry out learning and learning activities, in an effective and conducive classroom atmosphere so that the quality of the learning process and results can be achieved. . The hope as a homeroom teacher in increasing student learning interest in online learning during the covid-19 pandemic is that the homeroom teacher can master technology to support online learning. The problem: What is the role of the homeroom teacher in increasing student interest in online learning during the covid-19 pandemic at Kanisius Elementary School Sidowayah 02 Klaten?
This study used qualitative research methods. The respondent selection technique using saturated sampling is a sampling technique where all members of the population are used as samples. The research respondents were the homeroom teachers of SD Kanisius Sidowayah 02 Klaten. The number of respondents in this study were 12 homeroom teachers.
The results showed that the homeroom teachers of SD Kanisius Sidowayah 02 Klaten understood their respective roles to increase student’s interest in learning.This can be seen from the data showing that 41,5% of the responses said that that the homeroom teacher was a parent for students, and 124,59% said that the answers varied. Then the results of the study showed that 50% of the responses said that online learning was distance learning and 81,13% of the responses said that the answers varies. Online learning during the covid-19 pandemic has advantages and disadvantages that have an impact on the role of homeroom teacher has a relationship in effort to overcome the challenges of increasing student interest in learning in online learning during the covid-19 pandemic who has hopes of increasing student interest in learning in the future, namely face to face meetings by obeying 3M, teachers can master IT, and students can future discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Plagiarism Journal
R Review Journal
Divisions: Review Journal > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Windy Windy Rizkiandani Windy
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:35
Last Modified: 09 Nov 2022 08:35
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item