PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK IMAN ANAK YANG PERTAMA DAN UTAMA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI KOMUNITAS BRAYAT MINULYA

Damayanti, Adelina (2022) PERAN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK IMAN ANAK YANG PERTAMA DAN UTAMA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI KOMUNITAS BRAYAT MINULYA. Diploma thesis, STKIP Widya Yuwana.

[img] Text
SKRIPSI - ADELINA DAMAYANTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Adelina Damayanti, “Peran Orang Tua sebagai Pendidik Iman Anak yang Pertama dan Utama Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Komunitas Brayat Minulya”
Keluarga adalah tempat pendidikan iman yang pertama dan utama. Orang tua memiliki tugas dan peran sebagai pendidik iman. Pendidikan iman diberikan sejak anak usia dini, baik di dalam keluarga atau melalui kegiatan pembinaan iman yang diselenggarakan oleh Gereja. Namun situasi Pandemi Covid-19 membuat berubah, tidak ada lagi pembinaan iman anak di Gereja. Bentuk pembinaan iman menjadi lebih berpusat kepada orang tua. Di masa Pandemi Covid-19 tugas dan tanggung jawab pendidikan iman anak sepenuhnya kembali kepada orang tua. Berangkat dari permasalahan tersebut, muncul sebuah pertanyaan mengenai peran orang tua sebagai pendidik iman anak yang pertama dan utama di tengah situasi Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua, tantangan mendidik iman anak di masa Pandemi dan upaya yang dilaksanakan orang tua dalam mendidik iman anak di masa Pandemi.
Teknik analisa data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur yang dilaksanakan di komunitas Brayat Minulya. Informan dari penelitian ini berjumlah enam (6) orang tua yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling atau pemilihan informan yang mempertimbangkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan cukup mengetahui perannya sebagai orang tua dalam mendidik iman anak di masa Pandemi. Pendidikan iman diberikan melalui keteladanan orang tua dan pengajaran kerohanian yang dapat dilakukan di rumah. Terdapat tantangan yang dihadapi orang tua dalam mendidik iman anak selama Pandemi. Tantangan dari dalam diri orang tua adalah kurangnya pengetahuan untuk memberikan teladan bagi anak. Tantangan dari luar yang dihadapi orang tua adalah adanya pengaruh pergaulan anak di luar rumah. Adanya situasi Pandemi dan tantangan yang dihadapi orang tua menandakan bahwa orang tua harus disadarkan kembali akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik iman yang pertama dan utama.

Kata kunci: pendidik iman, Covid-19, pendidikan iman anak

========================================================================================================================

ABSTRACT

Adelina Damayanti, "The Role of Parents as The First and Foremost Child Faith Educators During the Covid-19 Pandemic in the Brayat Minulya Community"
A family is a place of faith education first and foremost. Parents have a duty and role as faith educators. Faith education is provided from early childhood, either in the family or through faith-building activities organized by the Church. However, the situation of the Covid-19 Pandemic has changed, there is no longer a fostering of children's faith in the Church. This form of faith-building becomes more parent-centered. During the Covid-19 Pandemic, the duties and responsibilities of children's faith education fully return to parents. Departing from this problem, a question arises about the role of parents as educators of children's faith first and foremost during the Covid-19 Pandemic situation. This study aims to determine the role of parents, the challenges of educating children's faith during the Pandemic, and the efforts made by parents in educating children's faith during the Pandemic.
Data analysis techniques use a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out using a structured interview technique carried out in the Brayat Minulya Community.The informants from this study were six (6) parents selected using purposive sampling techniques or the selection of informants who considered the criteria determined by the researcher.
The results showed that informants are quite aware of their role as parents in educating children's faith during the Pandemic. Faith education is provided through parental example and spiritual teaching that can be done at home. There are challenges faced by parents in educating their children's faith during the Pandemic. The challenge from within the parent is the lack of knowledge to set an example for the child. The external challenge faced by parents is the influence of children's associations outside the home. The existence of the Pandemic situation and the challenges faced by parents indicate that parents must be resuscitated about their duties and responsibilities as faith educators first and foremost.

Keywords: faith educator, Covid-19, child faith education

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidik iman, Covid-19, pendidikan iman anak
Subjects: L Education > LCR Catholism Religion Education
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Damayanti Adelina damayanti
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:44
Last Modified: 02 Nov 2022 03:44
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item