KEADILAN SOSIAL TERHADAP PENERAPAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI INDONESIA

Sitanggang, Wahyuni Zefannya B. (2022) KEADILAN SOSIAL TERHADAP PENERAPAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI INDONESIA. KEADILAN SOSIAL TERHADAP PENERAPAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI INDONESIA. (Unpublished)

[img] Text
KEADILAN SOSIAL TERHADAP PENERAPAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI INDONESIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Keadilan Sosial merupakan salah satu bagian dari dasar-dasar negara dalam membangun Indonesia merdeka. Dasar negara tersebutlah yang dikemukakan oleh Soekarno dalam pidatonya yaitu 1 Juni 1945 dalam sila ke empat. Jika berbicara mengenai keadilan, seperti yang diketahui bahwa saat ini bangsa Indonesia jauh sekali dari kata keadilan yang sesungguhnya. Dalam pendidikan Indonesia saat ini, terdapat sistem baru yang namanya sistem zonasi yang diberlakukan pada saat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Dari sistem baru tersebut yang diharapkan oleh pemerintah ialah dapat memudahkan peserta didik dalam mengakses sekolah yang dinilai transparan, objektif, akuntabel, dan tanpa diskriminasi. Maka dari itu, tulisan ini secara khusus akan membahas mengenai makna dan tujuan dari sila ke empat yaitu “Kesejahteraan Sosial” yang dikemukakan oleh Soekarno dalam pidatonya 1 Juni 1945 dan dalam UUD 1945 sila ke empat berganti menjadi sila ke lima yaitu “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, yang kemudian dikaitkan dengan permasalahan sosial dalam masyarakat di bidang pendidikan yaitu mengenai penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keadilan sosial, Pendidikan, Zonasi, PPDB
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Wahyuni Zefannya B. Sitanggang
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:45
Last Modified: 18 Jul 2022 04:45
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item