PERSEPSI MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA TENTANG HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR KONTEKSTUAL DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR

Siribentuk, Kristiani Putri Gijai (2021) PERSEPSI MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA TENTANG HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR KONTEKSTUAL DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR. Diploma thesis, STKIP Widya Yuwana.

[img] Text
Persepsi Mahasiswa STKIP Widya Yuwana Tentang Hubungan Antara Metode Belajar Kontekstual Dengan Indeks Prestasi Belajar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata metode berasal dari dua kata Yunani yaitu “meta dan hados”. Meta berarti melalui dan hados berarti jalan atau cara. Jadi istilah metode merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu yang telah direncanakan. Sanjaya (2006:109) mengatakan bahwa metode belajar kontekstual merupakan metode belajar yang menekankan proses keterlibatan mahasiswa secara penuh untuk dapat mengerti dan mendalami materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan konkrit sehari-hari. Metode belajar kontekstual yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar bertujuan membantu mahasiswauntuk mencapai hasil belajar yang lebihmaksimal. Untuk mencapai tujuan belajar tersebut, dosen perlu mengetahui dan memahami kedudukan metode belajaryang digunakan sebagai salah satu komponen belajar yang ikut menentukan keberhasilan belajar mahasiswa (Djamarah dan Zain, 2010:72). Penelitian dalam karya ilmiah inimenggunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif atau statistikal. Pengumpulan data pelitian ini dilakukan pada tanggal 1-5 Februari2021di kampus STKIP Widya Yuwana Madiun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner untuk di isi para mahasiswa. Responden penelitian ini berjumlah 134 (seratus tiga puluh empat) orang, dan terdiri dari 51 (lima puluh satu) laki-laki dan 83 (delapan puluh tiga) perempuan. Teknik pemilihan responden menggunakan teknik simple random sampling.
Hasil analisa data penelitian tentang persepsi mahasiswa STKIP Widya Yuwana tentang hubungan antara metode belajar kontekstual dengan Indeks Prestasi belajar mengungkapkan bahwa dari 134 (seratus tiga puluh empat) responden, mayoritas (59.0%) responden mengatakan bahwa metode belajar kontekstual adalah cara belajar yang tidak lepas dari konteks kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Hasilanalisis data penelitian juga mengungkapkan bahwa mayoritas(64.2%) responden mengatakan bahwa belajar adalah sebuah proses perubaan yang dialami mahasiswa dalam kaitannya dengan peningkatan pengetahuan dan perluasan wawasan sebagai akibat dari kegiatan belajar mengajar. Hasilanalisis data penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas (51.5%) responden mengatakan Indeks Prestasi Belajar adalah angka yang menunjukkan tingkat keberhasilan yang dicapai mahasiswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar selama satu semester penuh. Selanjutnya mayoritas (52.2%) responden mengatakan penerapan metode belajar kontekstual berpengaruh terhadap peningkatan Indeks Prestasi belajar mahasiswa. Hasilanalisa korelasi antara metode belajar kontekstual dengan Indeks Prestasi belajar membenarkan hipotesis penelitian yaitu: pemilihan metode belajar kontekstual berpengaruh positif terhadap Indeks Prestasi belajar bagi mahasiswa yang sedang menjalankan kegiatan belajar.

========================================================================================================================

The word method comes from two Greek words, namely "meta and hados". Meta means through and hados means way. So the term method means a way ofachieving something as intended. Sanjaya (2006:109) argued that contextual learning method is a learning method that emphasizes the full involvement of students to understand and develop material learning being studied related to the real-life situations.Contextual learning method aims ofachieving maximum learning outcomes. To achieve these learning outcomes, a lecturer needs to know and understand deeply position of method being used as one of the very important learning components as to determine the success of student learning activities (Djamarah and Zain, 2010:72).
This study used quantitative research method. Research data were collected and analyzed quantitatively or statistically. The research was conducted on February 1-5, at STKIP Widya Yuwana Madiun campus. The data was collected by distributing questionariesto be filled in by the students. The respondents of this study amounted to 134 respondents consisting of 51 men and 83 women. The technique used to select those respondents was simple random sampling technique.
The results of dataanalysis on the perceptions of STKIP Widya Yuwana’s students on relationship between contextual learning methods and learning achievement index revealed that majority (59.0%) of respondents said that contextual learning method was a way of learning which could not be separated from particular social and cultural life of a given society. The results of study revealed thatmajority (64.2%) of respondents saidthat learning was a process of change experienced by students in term ofincreasing knowledge and broadening of insights as a result of learning activities. The results of data analysis indicated that majority (51.5%) of respondents said thatlearning achievement index is an indicator of the level of success achieved by students after completing learning activities for one full semester. The results of study showed that majority (52.2%) of respondents perceived that application of contextual learning method had a significant effect on the student learning achievement index. The results of data analysis on the correlation between the contextual learning method and the learning achievement index confirmed research hypothesis, namely: the choice of contextual learning methods significantlyaffected learning achievement index of the students who were currently studying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar Kontekstual; Prestasi Belajar; Indeks Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Religious Education > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: gijai kristianiputri siribentuk
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:34
Last Modified: 19 Nov 2021 04:34
URI: http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item